Pengertian Literatur, Gerbang Logika, dan Aplikasi Gerbang Logika Dalam Kehidupan Sehari-hari


Komunitas Ilmu | 04.53 |

Pengertian Literatur, Gerbang Logika, dan Aplikasi Gerbang Logika Dalam Kehidupan Sehari-hari


LITERATUR

A. PENGERTIAN LITERATUR
Menurut ALA Glosary of Library and information Science (1983)
Literatur adalah bahan bacaan yang digunakan dalam berbagai aktifitas baik secara intelektual maupun rekreasi.

B. PENGELOMPOKKAN LITERATUR
Literatur dapat dikelompokkan menurut beberapa kategori, diantaranya :
Jenis literatur menurut lokasi penempatan koleksi dapat dibedakan menjadi :
  1. Koleksi Umum
Koleksi umum terdiri atas buku untuk tingkat pembaca dewasa  yang telah diolah dan ditempatkan di rak terbuka. Sebagian besar koleksi umum merupakan monograf dan judul dalam seri. Terbitan berseri yang bukan majalah dapat dimasukkan di sini menjadi koleksi yang dapat dipinjam.
  1. Koleksi referensi
Koleksi referensi atau koleksi rujukan, menghimpun informasi yang secara langsung dapat menjawab pertanyaan. Misalnya, kamus, direktori, ensiklopedi, buku pedoman, buku pegangan, dll. Selain itu koleksi referensi juga menghimpun informasi yang merujuk kepada sumber informasi lain atau hanya menunjukkan lokasi di mana informasi yang dicari dapat ditemukan. Misalnya, katalog, bibliografi, dll.

Jenis literatur menurut  tingkat ketajaman analisisnya dapat dibagi 3 golongan, yakni :
  1. Literatur primer
Literatur primer adalah karya tulisan asli yang memuat kajian mengenai sebuat teori baru, atau penjelasan suatu gagasan dalam berbagai bidang. Literatur primer bisa berupa artikel majalah ilmiah, laporan penelitian, disertasi, paten, standard, makalah seminar dan lain-lain.
  1. Literatur sekunder
Literatur sekunder merupakan literatur yang berisi informasi mengenai literatur primer. Literatur sekunder menawarkan literatur primer dengan cara menringkas atau menbuat indeks, jadi literatur sekumder tidak berisi pengetahuan baru, melainkan hanya mengulang dan menata pengetahuan yang sudah ada. Literatur ini termasuk dalam jenis koleksi referensi seperti kamus, ensiklopedi, thesaurus, direktori, majalah abstrak, majalah indeks, bibliografi, tinjauan literatur, termasuk juga pangkalan data dan lain-lain.
  1. Literatur tersier
Literatur tersier adalah literatur yang memuat informasi yang merupakan petunjuk untuk memperoleh literatur sekunder. Yang termasuk literatur tersier adalah bibliografi dari bibliografi, direktori dari direktori dll.

C. BENTUK LITERATUR

Literatur menurut bentuknya dibagi 2 :
  1. Literatur berbentuk buku
  2. Literatur berbentuk non buku

Literatur berformat non buku antara lain berupa :
1. Piringan hitam
Piringan hitam biasanya pada umumnya memuat rekaman musik. Akan tetapi piringan hitam dapat pula memuat hal-hal seperti pelajaran, cerita, dan sebagainya. Piringan hitam banyak digunakan sebagai bahan perpustakaan bagi tuna netra.

2. Pita rekaman
Pita rekaman dapat digunakan untuk merekam. Pita rekaman sudah jarang digunakan sejak pita  kaset yang lebih praktis umum digunakan orang.

3. Kaset
Kaset adalah bentuk pita rekaman yang praktis, bentuknya kecil sehingga mudah dibawa. Kaset dapat digunakan untuk merekam musik, pelajaran, cerita dll.

4. Laser Disk
Laser disk digunakan untuk merekam suara maupun gambar.

5. Film
Film termasuk bahan perpustakaan yang mahal, baik harga maupun biaya pemeliharaannya.

6. Filmstrip

7. Slide

8. Mikrofilm
Mikrofilm dapat merekam sampai sebesar 1 halaman surat kabar. Setiap rol panjangnya 100 kaki dapat memuat 600 frame. Biasanya digunakan untuk merekam surat kabar, buku ataupun naskah kuno.

9. Mikrofish
Mikrofis sistemnya sama dengan mikrofilm, akan tetapi bahan mikrofis berupa lembaran sebesar kartu pos. Digunakan untuk merekam buku maupun dokumen. Setiap lembar mikrofis dapat memuat 60 – 300 halaman.

10. Video
Video banyak digunakan karena sifatnya sama dengan film, akan tetapi harganya jauh lebih murah.

11. Lukisan
Lukisan dapat pula dijadikan sebagai bahan perpustakaan.

12. CD (Compact Disk)
  • CD
  • VCD
  • DVD
  • CD-ROM

13. Internet
GERBANG LOGIKA
Gerbang logika atau sering juga disebut gerbang logika boolean merupakan
sebuah sistem pemrosesan dasar yang dapat memproses input-input yang berupa bilangan biner menjadi sebuah output yang berkondisi
yang akhirnya digunakan untuk proses selanjutnya.
Gerbang logika dapat mengkondisikan input-input yang masuk kemudian menjadikannya sebuah output yang sesuai dengan apa yang ditentukan olehnya.
Jadi sebenarnya, gerbang logika inilah yang melakukan pemrosesan terhadap segala sesuatu yang masuk dan keluar ke dan dari komputer
Maka dari itu, sebenarnya sebuah perangkat komputer merupakan sebentuk kumpulan gerbang-gerbang digital yang bekerja memproses sesuatu input, menjadi output yang diinginkan.

macam-macam gerbang logika itu sendiri adalah :

1.Gerbang NOT
Gerbang NOT sering disebut juga dengan istilah inverter atau pembalik. Logika dari gerbang ini adalah membalik apa yang di-input ke dalamnya. Biasanya input-nya hanya terdiri dari satu kaki saja. Ketika input yang masuk adalah 1, maka hasil output-nya adalah 0. Jika input yang masuk adalah 0, maka hasil output-nya adalah 1. Banyak sekali penerapan gerbang NOT ini pada rangkaian digital, meskipun fungsinya sangat sederhana.
2.Gerbang AND
Gerbang AND memiliki karakteristik logika di mana jika input yang masuk adalah bernilai 0, maka hasil outputnya pasti akan bernilai 0. Jika kedua input diberi nilai 1, maka hasil output akan bernilai 1 pula. Logika gerbang AND bisa diumpamakan sebagai sebuah rangkaian dengan dua buah saklar yang disusun secara seri. Jika salah satunya memutuskan hubungan rangkaian, maka hasil yang dikeluarkan dari rangkaian tersebut adalah 0. Tidak peduli saklar manapun yang diputuskan maka hasil akhirnya adalah 0. Ketika kedua buah saklar terhubung dengan rangkaian bersamaan, maka hasil akhirnya barulah bernilai 1.

3.Gerbang OR
Gerbang OR digambarkan sebagai Gerbang Penjumlah. Gerbang OR berbeda dengan gerbang NOT yang hanya memiliki satu input, gerbang ini memiliki paling sedikit 2 jalur input. Artinya inputnya bisa lebih dari dua, misalnya empat atau delapan. Yang jelas adalah semua gerbang logika selalu mempunyai hanya satu output. Gerbang OR dapat dikatakan memiliki karakteristik “memihak 1”, di mana karakteristik logikanya akan selalu mengeluarkan hasil output bernilai 1 apabila ada satu saja input yang bernilai 1. Jadi gerbang logika ini tidak peduli berapa nilai input pada kedua sisinya, asalkan salah satunya atau kedua-duanya bernilai 1, maka outputnya pasti juga akan bernilai 1. Logika gerbang OR ini dapat diumpamakan sebagai sebuah rangkaian dengan dua buah saklar yang terpasang secara paralel.
Apabila salah satu saklar memutuskan hubungan (bernilai 0), maka output-nya tetaplah bernilai 1 karena input yang lain tidak akan terputus hubungannya dengan output. Apabila kedua input bernilai 0, maka output barulah benar-benar terputus atau bernilai 0. Jika keduanya bernilai 1, maka output juga akan bernilai 1.

4.Gerbang NAND
Gerbang logika NAND merupakan modifikasi yang dilakukan pada gerbang AND dengan menambahkan gerbang NOT didalam prosesnya. Maka itu, mengapa gerbang ini dinamai NAND atau NOTAND. Logika NAND benar-benar merupakan kebalikan dari apa yang dihasilkan oleh gerbang AND. Di dalam gerbang logika NAND, jika salah satu input atau keduanya bernilai 0 maka hasil output-nya adalah 1.
5.Gerbang NOR
Gerbang NOR atau NOT-OR juga merupakan kebalikan dari gerbang logika OR. Semua input atau salah satu input bernilai 1, maka output-nya akan bernilai 0. Jika kedua input bernilai 0, maka output-nya akan bernilai 1

6.Gerbang XOR
Gerbang XOR merupakan singkatan dari kata Exclusive-OR. Sesuai dengan namanya, gerbang logika ini merupakan versi modifikasi dari gerbang OR. Jika pada gerbang OR Anda akan mendapatkan hasil output yang serba 1 jika salah satu input atau keduanya bernilai 1, tidak demikian dengan XOR. Gerbang logika ini hanya akan mengeluarkan hasil output bernilai 1 jika hanya salah satu input saja yang bernilai 1. Maksudnya jika kedua input bernilai 1, maka hasil output-nya tetaplah 0.
Jadi dengan demikian, logika XOR tidak akan membiarkan kedua input bernilai sama. Jika sama, maka hasil output-nya adalah 0.

7.Gerbang XNOR
Gerbang XNOR atau Exclusive NOR ini mungkin tidak terlalu sering terdengar, namun aplikasinya cukup lumayan penting juga. Gerbang logika XNOR memiliki kerja ebalikan dari XOR. Jika pada gerbang logika XNOR terdapat dua input yang sama, maka gerbang XNOR akan mengeluarkan hasil output bernilai 1. Namun jika salah satunya saja yang berbeda, maka nilai output pastilah bernilai 0.

TABEL KEBENARAN
P
q
~ p
p ^ q
p v q
p → q
p ↔ q
T
T
F
T
T
T
T
T
F
F
F
T
F
F
F
T
T
F
T
T
F
F
F
T
F
F
T
T

a Ada 2 hipotesa masing – masing p v ( q v r ) dan ~ r. Kesimpulannya adalah p v q. Tabel kebenaran hipotesa – hipotesa dan kesimpulan adalah :



Baris ke
p
q
r
q v r
p v (qvr)
~ r
p v q
1
T
T
T
T
T
F
T
2
T
T
F
T
T
T
T
3
T
F
T
T
T
F
T
4
T
F
F
F
T
T
T
5
F
T
T
T
T
F
T
6
F
T
F
T
T
T
T
7
F
F
T
T
T
F
F
8
F
F
F
F
F
T
F

Baris kritis adalah baris 2, 4, 6 (baris yang semua hipotesanya bernilai T. Pada baris – baris tersebut kesimpulannya juga bernilai T. Maka argumen tersebut valid.

b  Hipotesa adalah p → ( q v ~ r ) dan    q → ( p ^ r ). Konklusinya adalah p → r, tabel kebenarannya adalah

Baris ke
p
q
r
~ r
qv~r
p^r
p→(qv~r)
q→(p^q)
P→r
1
T
T
T
F
T
T
T
T
T
2
T
T
F
T
T
F
T
F
F
3
T
F
T
F
F
T
F
T
T
4
T
F
F
T
T
F
T
T
F
5
F
T
T
F
T
F
T
F
T
6
F
T
F
T
T
F
T
F
T
7
F
F
T
F
F
F
T
T
T
8
F
F
F
T
T
F
T
T
T

Baris kritis adalah baris 1, 4, 7, dan 8. Pada baris ke 4 (baris kritis) nilai konklusinya adalah F, maka argumen tersebut invalid.


APLIKASI GERBANG LOGIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Pernyataan, Bukan Pernyataan, dan Kalimat terbuka
Dalam Matematika Logika untuk Siswa SLTA, gerbang logika yang dikenal dalam dunia elektronika digital dianalogikan kedalam bahasa sehari-hari dengan “pernyataan”, bahwa dalam komunikasi kehidupan sehari-hari kita memang tidak bisa terlepas dari pernyataan-pernyataan. Pernyataan yang dimaksud dalam pengertian Matematika logika adalah “Kalimat pernyataan/deskripsi, yang telah mempunyai nilai kebenaran. Nilai Kebenaran tersebut bisa benar atau bisa salah, tetapi tidak kedua-duanya.” Atas dasar deskripsi tersebut maka ;
  • Kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat permohonan/do’a tidak tergolong pernyataan
  • Kalimat yang masih mengandung peubah/variabel, digolongkan kepada kalimat terbuka. Bisa menjadi sebuah pernyataan jika variabelnya diganti dengan sebuah nilai.
Berbeda dengan logika yang terjadi pada dunia elektronika digital yang lebih pasti, sebenarnya logika dalam kehidupan sehari hari dibatasi oleh semesta/konteks kalimat pernyataan tersebut.
Sebagai Contoh:
Matematika itu sulit. Adalah sebuah pernyataan yang mempunyai nilai “ambigu”. Bagi yang menyukai matematika, pernyataan tersebut adalah salah, sedangkan bagi yang kurang/tidak menyukai matematika, pernyataan tersebut mempunyai nilai kebenaran yang benar.
Contoh :
Kalimat
Pernyataan/Bukan Pernyataan/Kalimat Terbuka
Nilai kebenaran
Jakarta ibu kota Indonesia
Pernyataan
Benar
Air adalah benda padat
Pernyataan
Salah
2 + 2 = 5
Pernyataan
Salah
2x²+4x-3 = 0
Kalimat Terbuka
-
x=4 untuk x²=16
Pernyataan
Salah
x²=16 untuk x = 4
Pernyataan
Benar
Tuhan, kabulkanlah doa kami
Bukan Pernyataan
-
Dilarang Buang sampah di sini
Bukan Pernyataan
-
Tolong, ambilkan minuman!
Bukan Pernyataan
-
Pukul berapakah, sekarang?
Bukan Pernyataan
-

Ingkaran/Negasi/Penjungkir/Inverter.
Adalah suatu kondisi yang membalikkan/menjungkirkan nilai dari nilai awalnya. Jika sebuah pernyataan bernilai benar, maka ingkaran dari pernyataan tersebut harus salah, dan sebaliknya. Cara penulisan ingkaran sebuah pernyataan, biasanya dengan menambahkan kata sanggahan (bukan, tidak benar ..), contoh:
Jakarta ibukota Indonesia, merupakan sebuah pernyataan yang bernilai benar. Negasinya atau ingkaran dari kalimat tersebut haruslah salah, tetapi tidak mengubah pola/bentuk dari kalimat sebelumnya. Ingkarandari kalimat tersebut adalah Jakarta bukan ibukota Indonesia  atau Tidak benar Jakarta ibukota Indonesia.
Surabaya ibukota Indonesia, adalah sebuah pernyataan yang bernilai salah, tetapi bukan merupakan pengingkaran dari kalimat Jakarta ibukota Indonesia.

Ditulis Oleh : Komunitas Ilmu ~ Deskripsi Blog Anda

Artikel Pengertian Literatur, Gerbang Logika, dan Aplikasi Gerbang Logika Dalam Kehidupan Sehari-hari ini diposting oleh Komunitas Ilmu pada hari Rabu, 04 April 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

1 komentar:

{ debora walukow } at: 21 Maret 2014 04.56 mengatakan...

ada daftar pustakanya ndak? kalo ada bisa minta? mksi

Poskan Komentar

 
KOMUNITAS ILMU © 2012 Design by Bagus Sugih H | Facebook BAGUS SH